Butuh Keringanan Bayar Cicilan? Coba Restrukturisasi Kredit! - Businessman
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
space ini disewakan Rp.200.000 /bulan silahkan hubungi kami di WA wa.me/6283846792787

Butuh Keringanan Bayar Cicilan? Coba Restrukturisasi Kredit!

90 detik membaca

Punya utang di bank memang bikin pusing. Apalagi kalau kamu sedang dihadapkan pada situasi sulit sehingga gak bisa bayar. Setiap waktu dikejar tagihan. Lama-kelamaan bunganya pun numpuk. Daripada mencari cara bagaimana untuk mangkir atau kabur karena gak mampu bayar, mending kamu melakukan restrukturisasi kredit.

Restrukturisasi kredit adalah keringanan yang diberikan perusahaan saat kamu mengalami kesulitan memenuhi kewajiban membayar pinjaman. Tapi, keringanan yang dimaksud bukan berarti kamu punya kesempatan untuk bebas dari utang tanpa bayar. Kamu harus tetap membayar utang dengan beberapa penyesuaian.

Bentuk keringanan yang bisa didapatkan itu beragam, tergantung kesepakatan. Kebijakan restrukturisasi kredit yang bisa dilakukan antara lain:

1. Pengurangan suku bunga kredit

2. Perpanjangan jangka waktu kredit

3. Pengurangan tunggakan bunga kredit

4. Pengurangan tunggakan pokok kredit

5. Penambahan fasilitas kredit

6. Konversi kredit menjadi Penyertaan Modal Sementara

Tapi, skema restrukturisasi kredit setiap lembaga pembiayaan berbeda. Tergantung pada kasus yang dihadapi debitur. Kamu juga harus memenuhi syarat pengajuan, yaitu mengalami kesulitan membayar dengan alasan yang jelas dan punya prospek usaha untuk dapat membayar setelah direstrukturisasi.

Cara mengajukan restrukturisasi kredit

1. Debitur mengajukan permohonan restrukturisasi

Kamu bisa datang langsung ke bank atau perusahaan pembiayaan tujuan. Minta informasi menyeluruh tentang ketentuan dan syarat restrukturisasi kredit. Pihak bank atau perusahaan pembiayaan akan membantu kamu ke tahap selanjutnya.

2. Menyiapkan surat permohonan restrukturisasi kredit

Biasanya, bank atau perusahaan pembiayaan sudah menyediakan template surat permohonan restrukturisasi kredit. Jadi kamu hanya perlu menuliskan data diri saja. Tapi kalau kamu harus menyiapkan sendiri, kamu bisa gunakan contoh surat permohonan restrukturisasi kredit bank dari internet sebagai referensi.

3. Bank atau perusahaan pembiayaan melakukan penilaian

Pihak terkait akan melakukan assessment. Kamu harus menunggu untuk dihubungi kembali. Waktu tunggu bisa mencapai 1 minggu hingga lebih. Mengingat banyaknya permohonan yang masuk, kamu harus sedikit bersabar.

4. Evaluasi kondisi terkini

Pihak bank atau perusahaan pembiayaan akan bertanya soal alasan pengajuan keringanan, kondisi keuangan pribadi, dan kondisi tempat kamu bekerja, atau usaha yang kamu punya. Jawaban kamu akan menjadi pertimbangan restrukturisasi kredit, apakah pengajuan keringanan kamu diterima atau ditolak.

Kalau kamu lolos setelah 4 tahap di atas, kreditur akan memberikan keringanan sesuai dengan profil risiko kamu. Karena profil risiko setiap orang berbeda, maka bentuk keringanan yang diberikan pun gak sama. Dari beberapa bentuk kebijakan restrukturisasi kredit yang ada, tanyakan mana yang bisa kamu dapatkan.

Posting Komentar untuk "Butuh Keringanan Bayar Cicilan? Coba Restrukturisasi Kredit!"