Terjadi Lagi, Uang Rp40 Juta Rusak Dimakan Rayap - Businessman
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
space ini disewakan Rp.200.000 /bulan silahkan hubungi kami di WA wa.me/6283846792787

Terjadi Lagi, Uang Rp40 Juta Rusak Dimakan Rayap

 

120 detik membaca

Menurut Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), distribusi simpanan masyarakat per Januari 2021 adalah 352,72 juta rekening. Namun menurut data, sebagian besar penduduk Indonesia, sekitar 51%, belum memiliki rekening bank.

Salah satunya seorang warga di Pekalongan yang gak punya rekening dan memilih menyimpan di bawah tempat tidurnya. Risikonya, ia harus rela uang tabungannya dimakan oleh rayap. Bagaimana kisahnya?

Rayap Pemangsa Uang

Sejak tahun 2019, Rustini dari Pekalongan sudah menyimpan uangnya di bawah tempat tidur. Ia meletakkan uangnya dalam plastik dan toples yang ditempatkan di kolong tempat tidur. Uang tersebut ditinggal pergi ke Jakarta Alhasil, uangnya pun jadi santapan rayap.

Rustini yang mengunggah ceritanya ke media sosial dan viral. Pihak Bank Indonesia pun datang untuk memeriksa uang rusak tersebut. Uang rusak memang masih bisa ditukar lagi ke bank dengan uang baru.

Jika merujuk pada peraturan, uang rusak memang dapat ditukarkan kembali asal fisik uang kertas lebih besar dari 2/3 (dua pertiga) ukuran aslinya.

Setelah di cek, uang yang bisa ditukar hanya Rp23,5 juta. Sisanya gak bisa ditukar dengan uang baru karena mengalami kerusakan yang parah. Namun, pihak Bank Indonesia melakukan pengecekan ulang dengan mesin pengukur untuk sisa uang tersebut.

Untungnya, uang sisa yang berjumlah Rp16,5 juta tersebut bisa ditukar. Meskipun nilainya berkurang jadi Rp15,9 juta karena uang fisiknya hanya tersisa sebagian.

Hindari Rayap dengan Menabung di Bank

Rayap memang menjadi risiko yang harus dihadapi kalau kamu menyimpan uang di rumah. Risiko-risiko tersebut bisa dihilangkan dengan membuka rekening dan menggunakan layanan perbankan.

Berikut ini beberapa keuntungan menabung di bank:

1. Lebih aman dari rayap, pencurian, dan kehilangan lainnya

2. Dana di tabungan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

3. Lebih praktis lewat fitur online

4. Transaksi bisa dipantau dan tercatat rapi oleh sistem

5. Mendapatkan keuntungan berupa bunga dengan ketentuan tertentu

6. Kesempatan mendapatkan promo

Setiap orang pasti punya caranya sendiri untuk menabung. Namun, untuk menghindari risiko kerugian karena rayap, kecurian, atau godaan diri sendiri, ada baiknya jika kamu mulai menabung di bank. Tentunya bukan di sembarang bank. Namun di bank yang memberikan manfaat lebih. Seperti di Bank Neo Commerce!

***

Penulis: WHY

Editorr: BEN

Posting Komentar untuk " Terjadi Lagi, Uang Rp40 Juta Rusak Dimakan Rayap "